Pages

Subscribe:

Sabtu, 07 Juni 2014

Permasalahan Korupsi yang ada di Indonesia

Masalah korupsi tengah menjadi perbincangan hangat di masyarakat, terutama media massa lokal dan nasional. Maraknya korupsi di Indonesia seakan sulit untuk diberantas dan telah menjadi budaya. Pada dasarnya, korupsi adalah suatu pelanggaran hukum yang kini telah menjadi suatu kebiasaan. Berdasarkan data Transparency International Indonesia, kasus korupsi di Indonesia belum teratasi dengan baik. Indonesia menempati peringkat ke-100 dari 183 negara pada tahun 2011 dalam Indeks Persepsi Korupsi.
Di era demokrasi, korupsi akan mempersulit pencapaian good governance dan pembangunan ekonomi. Terlebih lagi akhir-akhir ini terjadi perebutan kewenangan antara KPK dan Polri. Sebagai institusi yang sama-sama menangani korupsi, seharusnya KPK dan Polri bisa bekerja sama dalam memberantas korupsi. Tumpang tindih kewenangan seharusnya tidak terjadi jika dapat dikoordinasikan secara baik.
Penyebab terjadinya korupsipun bermacam-macam, antara lain masalah ekonomi, yaitu rendahnya penghasilan yang diperoleh jika dibandingkan dengan kebutuhan hidup dan gaya hidup yang konsumtif, budaya memberi tips (uang pelicin), budaya malu yang rendah, sanksi hukum lemah yang tidak mampu menimbulkan efek jera, penerapan hukum yang tidak konsisten dari institusi penegak hukum, dan kurangnya pengawasan hukum.
Dalam upaya pemberantasan korupsi, diperlukan kerja sama semua pihak maupun semua elemen masyarakat, tidak hanya institusi terkait saja. Beberapa institusi yang diberi kewenangan untuk memberantas korupsi, antara lain KPK, Kepolisian, Indonesia Corruption Watch (ICW), Kejaksaan. Adanya KPK merupakan salah satu langkah berani pemerintah dalam usaha pemberantasan korupsi di Indonesia.
sumber : http://aldyreliandi.wordpress.com/2013/06/27/artikel-tentang-korupsi-di-indonesia-serta-cara-penanganannya/
analisis : adanya kegiatan korupsi di Indonesia menjadi sangat buruk dimata dunia, karena jika satu orang saja yang melakukan korupsi, akan berdampak pada semua warga Indonesia bahkan semua warga Indonesia pun ikut tercemar buruk di mata dunia. Dampaknya yaitu Indonesia menjadi sangat sulit dalam mencapai good governance dan pembangunan ekonomi. Adapun penyebab terjadinya korupsi yang paling banyak adalah masalah ekonomi yang rendah dan lapangan kerja yang minim sehingga membuat mereka memilih melakukan korupsi yang jelas-jelas sangat merugikan masyarakat.

8 komentar:

  1. menurut saya korupsi di indonesia harus dihapuskan karena dapat menyengsara kan rakyat indonesia.masalah korupsi di indonesia tidak asing lagi ditelinga,sebaiknya pemerintah harus memberikan hukuman yang setimpal bagi para koruptor

    BalasHapus
  2. Indonesia seharus nya lebih bijak dalam mengatasi permasalahan permasalahan yang terjadi di indonesia seperti masalah korupsi,masalah itu sering kali terdengar dimana mana ,untuk itu kita sebagai warga indonesia harus segera menghapus koupsi yang sering terjadi itu

    BalasHapus
  3. sebenarnya gampang membrantas Korupsi belajarlah ke Pak atau Ibuk guru. cukup dengan menggunakan sitem KKM (Kreteria Korupsi Minimal) kalau KKM nya 1 M, bagi yang melebihi KKM. maka mereka lulus dan siap dibunuh. gampang bangat saya yakin korupsi akan habis dibumi yang kita cinyai ini. tapi ide ini tidak akan disetujui oleh orang yang Otak Korup/ Maling.

    BalasHapus
  4. SITUS POKER DAN DOMINO ONLINE TERPERCAYA

    OperaQQ
    Situs Online Domino, BandarQ Yang Terjamin, Terbaik Dan Terpercaya Se - ASIA
    1 User ID 8 games
    POKER | BANDAR POKER | DOMINO99
    BANDARQ
    ADUQ | CAPSA SUSUN | SAKONG | BANDAR66

    ( DAFTAR )

    PROMO
    EXTRA BONUS ROLLINGAN 0.3%
    EXTRA BONUS REFFERAL 15%

    Hanya OperaQQ Yang Mampu Memberikan Kesenangan Tanpa Henti Nya

    FASILITAS VIP
    Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    Operaqq. info Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah
    Proses Depo WD Dengan SangAt Cepat

    Untuk Info Lebih Jelas Silahkan Hubungi CS Kami :
    BBM : BDB43A66
    WHATSAPP :+855 964 93 0279
    LINE : operaqq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini harus dilaporkan ke pihak berwajib spy pekat ini bisa berkurang dari tengah- tengah masyarakat

      Hapus