Pages

Subscribe:

Selasa, 08 Januari 2013

PT. CHEVRON GUNUNG SALAK



LATAR BELAKANG
PT. Chevron merupakan sebuah perusahaan panas bumi yang berada di Gunung Salak, terletak di ketinggian .... meter dari permukaan laut, dengan melewati jalur yang berliku-liku. Wilayah lapangan Gunung Salak seluas 100 km2 terletak pada tiga kecamatan, berada di dua kabupaten yang berpusat di Kecamatan Kalapanunggal dan Kabandungan Sukabumi, dan juga Kecamatan Pamijahan Bogor.
Kondisi lapangan Chevron Geothermal Salak, kira-kira terdiri dari 69 sumur panas bumi, reservoir di dominasi oleh uap dengan temperatur 220-315 derajat celcius. Khusus sumur panas bumi terdiri dari 16 sumur injeksi, 4 sumur abandon/idle, dan 43 sumur produksi/pengembangan.
Sebelum dialihfungsikan dan dikelola oleh perum perhutani, hutan Gunung Halimun Salak berfungsi sebagai hutan produksi hingga terjadi  banyak perambahan.

PERMASALAHAN
Menurut sebagian masyarakat, CGS (Chevron Geothermal Salak) ini mempunyai beberapa masalah:
1.      tidak transparan terhadap apa yang sesungguhnya sedang dan akan dilakukan CGS serta dampaknya terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar dalam perspektif ekologi, sosial, budaya dan ekonomi.
2.      CGS tidak mampu dalam menyelesaikan berbagai masalah yang muncul di masyarakat sebagai reaksi atas kebijakan  CGS itu sendiri. Selama ini, CGS hanya bisa meredam masalah tetapi tidak mampu menyelesaikannya).
3.      Para pengambil kebijakan di tingkat eksekutif sangat kaku sehingga tidak maksimalnya para pekerja maupun atasannya.

LANDASAN TEORI
1.      Pengertian CGS (Chevron Geothermal Salak)
Chevron Geothermal Salak menurut saya adalah sebuah perusahaan minyak bumi yang saat ini sedang aktif mengoperasikan gunung salak yang berada di Kabupaten Sukabumi Kecamatan Kalapanunggal. Chevron juga termasuk dalam organisasi yang sangat penting bagi masyarakat sekitar maupun masyarakat jauh, dan keefektian harus ada di dalam sistem kerjanya, sebab apabila Chevron tidak berdiri, maka tambang dan minyak bumi di Kota Sukabumi dan Bogor tidak akan semaksimal seperti saat ini. Chevron juga merupakan perusahaan panas bumi terbesar di Kota Sukabumi.
PEMECAHAN MASALAH
Dari permasalahan yang tadi sempat saya bahas, terdapat beberapa solusi pemecahannya yang mungkin bisa meringankan permasalahan itu sendiri. Menurut informasi yang saya dengar, dalam waktu dekat PT. Chevron akan melakukan pengeboran di 15 titik lokasi yang akan dilakukan di wilayah Pamijahan. Akan tetapi harus memperhatikan juga kepentingan warga terutama masalah analisa dan dampak lingkungannya.
Anggota komisi A Wasto Sumarno mengatakan upaya sosialisasi yang dilakukan pihak Chevron, dengan menambah 15 titik sumur bor baru kepada masyarakat disekelilingnya merupakan kewajiban yang sudah seharusnya dilakukan. Tujuannya untuk meningkatkan perhatian kepada masyarakat kabupaten di sekitarnya. Selain untuk memperhatikan kondisi sosial, juga untuk meningkatkan kemajuan dunia pendidikan, termasuk memperhatikan masalah Ambang dampak lingkungan, tidak hanya mencari untung semata.

KESIMPULAN
Kesimpulannya ialah bahwa CGS (Chevron Geothermal Salak) merupakan perusahaan panas bumi pegunungan yang sangat penting. Dengan adanya permasalahan di PT ini, hendaknya warga masyarakatpun ikut membantu dalam memberi solusi demi untuk kebaikan dan kenyaman lingkungannya.


5 komentar:

  1. Termakasih @ Annisa Fujiyana tulisan anda jadi info menarik buat saya,
    (Saya karyawan di salah satu perusahaan subkontraktor Cevron)

    BalasHapus
  2. @ Annisa Fujiyana, mohon ijin bisa minta kontak person dari Bu Annisa?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Kami mendapatkan penawaran jualbeli besi limbah dari Chevron Gunung Salak , apakah mungkin ? sebab sepengetahuan kami harus melalui proses lelang ..... Any Idea ??

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Rakyat indonesia perlu tahu informasi tersebut

    titanic dan karet oblong udah baca ?

    http://fenomenadi.blogspot.com/2014/03/misteri-karet-oblong-tjipetir-dan-kapal.html

    BalasHapus