Pages

Subscribe:

Sabtu, 26 November 2011

Desa, Masyarakat Desa, dan Pembangunan Pedesaan

A. Desa
    Jika Anda membayangkan kata desa, sudah pasti Anda tahu apa maksudnya.
Akan tetapi disini saya akan mengartikannya sendiri menurut pendapat saya. Seperti yang sudah diketahui bahwa desa itu merupakan suatu tempat terpencil yang masih berada dalam suatu negara, seperti Indonesia.
Banyak sekali pandangan yang mengatakan bahwa orang yang hidup/tinggal di suatu desa, secara otomatis orang tersebut sangat tertinggal dalam hal teknologi serta apapun yang saat ini sudah modern. Padahal, itu tergantung pada individu masing-masing. Maka dari itu, rata-rata desa selalu dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang terutama orang-orang kalangan atas.

B. Masyarakat Desa
    Masyarakat desa adalah orang-orang yang tinggal di suatu pedesaan. Masyarakat desa ini sendiri, sama seperti masyarakat-masyarakat lainnya, mereka mempunyai hak dan kewajiban tersendiri untuk memajukan desa yang mereka diami. Mereka juga ingin masyarakatnya dipandang sama oleh masyarakat lain, akan tetapi sebagian orang tidak memandang masyarakat desa itu sama dengan masyarakat perkotaan/kenegaraan. Karena sebagian orang beranggapan bahwa masyarakat desa lebih rendah derajatnya daripada masyarakat lain yang lebih atas.

C. Pembangunan Pedesaan
    Pembangunan pedesaan yaitu segala sesuatu yang dilakukan oleh masyarakat untuk menciptakan suatu desa agar enak dipandang. Pembangunan pedesaan memiliki beberapa arti, baik dalam arti pembangunan seperti mendirikan rumah, kantor, dan lain-lain, bisa juga dalam arti membangun masyarakat yang harmonis, rukun, dan damai serta membangun suasana desa yang enak dirasakan.
Tetapi pembangunan pedesaan disini, lebih cenderung kedalam arti pembangunan berupa rumah, kantor, masjid, serta fasilitas lain yang dibutuhkan oleh warganya. Sebagian besar memang menganggap bahwa pembangunan yang ada di pedesaan tidak sebagus dan sekokoh yang ada di perkotaan, buktinya sangat jarang sekali terdapat bangunan bertingkat di pedesaan, justru banyak bangunan standar (biasa).
Tetapi ini kembali tergantung dari individu masing-masing, jika orang di desa mempunyai keuletan dan kesungguhan dalam bekerja, maka tidak menutup kemungkinan desa yang didiaminya akan menjadi lebih maju seperti perkotaan.

0 komentar:

Poskan Komentar