Pages

Subscribe:

Kamis, 24 Oktober 2013

Bahasa Indonesia 1

1. Jelaskan dengan contoh "Penggunaan Bahasa Indonesia secara baik dan benar" !
    Jawab :

  • Bahasa Indonesia yang baik adalah bahasa yang harus di sampaikan sesuai kepada siapa kita       menyampaikannya. Contohnya : apabila kita akan berbicara kepada orang yang berbeda umur, misalkan kepada yang lebih tua, hendaknya memakai sapaan seperti ini, "Kak, Pak, Bu, Om, Tante, dan lain-lain", dengan contoh kalimatnya :

                                         1. "Apa kabar, Kak?"
                                         2. "Senang bertemu dengan Bapak/Ibu"
                                         3. "Bu, apakah saya bisa minta tolong?"
                                         4. "Baik Pak, tugasnya akan saya selesaikan."


  • Bahasa Indonesia yang benar adalah bahasa yang di sampaikan sesuai dengan aspek kaidah atau tata bahasa (pilihan kata, tanda baca, dan ejaan). Sebagai contoh pertama pada kalimat ini, "Bagaimana kabar anda pak bu?", maka penulisan yang benar harus seperti ini "Bagaimana kabar Anda, Pak, Bu?". Karena apabila kita menulis nama orang, tempat, maupun jabatan, seharusnya nama tersebut di awali dengan huruf besar/kapital. Berikut contoh kedua dalam kalimat yang menuliskan nama tempat, "Saya lahir dan tinggal di Kota Jakarta." Huruf K dan J harus kapital karena itu nama tempat
2. Berikanlah contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi !
    Jawab :

Bahasa sebagai alat komunikasi merupakan bahasa yang di sampaikan secara jelas sehingga tidak     menimbulkan arti yang membingungkan kepada lawan bicara.
Contohnya : 1. "Silahkan maju ke depan!". Kalimat tersebut tidak komunikatif, karena yang namanya "maju"                         itu sudah pasti ke depan. Seharusnya kalimat tersebut menjadi "Silahkan maju!".
                   2. "Sumbangan kedua kampus itu telah saya terima." Kalimat disamping, menimbulkan dua arti                           yang berbeda. Seperti pada "sumbangan kedua kampus" itu berarti bisa bermakna                                         sumbangan yang kedua kali dari satu kampus atau satu sumbangan dari dua kampus yang                             berbeda.
                  

0 komentar:

Posting Komentar